RENCANA PEMBELANJARAN TEMATIK

RENCANA PEMBELANJARAN TEMATIK.

( RPP )    TEMATIK

NAMA  SEKOLAH      :  SD INPRES AWIS

TEMA                            :  HIDUP HEMAT

KELAS/SEMESTER   :  II / I

ALOKASI    WAKTU   :   3X PERTEMUAN

 

I . STANDAR KOMPETENSI :

v  Matematika : Geometrid an pengukuran

–          Menggunakan pengukuran waktu , panjang dan berat dalam pemecahan masalah

v  IPA :

–          Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang daapat di dalamnya.

 

II.  KOMPETENSI DASAR

v  MATE MATIKA :

–          Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat

v  IPA :

–            berbagai benda sesuai wujudnya  ( benda padat dan benda cair )

 

III.  INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI

v  MATEMATIKA

–          Membilang Secara urut

v  IPA :

–          Menyebutkan cara hemat di lingkungan keluarga.

 

IV. TUJUAN PEMBELANJARAN

v  MATEMATIKA :

–          Siswa dapat membilang secara urut

v  IPA

–          Siswa dapat menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga

MATERI AJAR ( MATERI POKOK ) :

v  MATEMATIKA :

–          Nilai tepat

v  IPA

–          Benda sesuai wujudnya ( benda padat dan benda cair )

VI.  METODE PEMBELANJARAN

–          Ceramah

–          Diskusi

–          Tanya jawab

–          Pemberian tugas

VII.  LANGKAH PEMBELANJARAN

  1. Kegiatan Awal / pendahuluan

–          Mengajak semua siswa berdoa dengan agama dan keyakinan masing-masing

–          Mengajak siswa menyanyikan lagu wajib

–          Menginformasikan tema yang akan di pelajari bersama ( Hidup Hemat

 

  1. Kegiatan Inti

–          Siswa di minta mengamati gambar di hal 1. Dan bertanya jawab tentang uang saku setiap hari, dan apa yang di lakukan jika setiap ada kelebihan uang jajannya.

–          Bertanya jawab apakah siswa memiliki tabungan ( di rumah,di sekolah/di bank )

–          Guru menjelaskan tentang pengertian hidup hemat,dan kebiasaan menabung baik di rumah,sekolah maupun di bank.

–          Bertanya jawab ( siapa yang sudah memiliki tabungan )dan meminta siswa untuk bercerita kepada temannya.

–          Bertanya jawab tentang pemakaian listrtirik di rumah ( mematikan lampu apa bila tidak di gunakan,memakai air secukupnya dll ).

–          Guru menjelaskan tentang macam-macam sumber energi

–           (  matahari,air,batubara,minyak bumi,gas bumi,bahan makanan ).

  1. Kegiatan Akhir / penutup

–          Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar Sesuai dengan Klarifikasi .

–          Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang tidak di pelajari sesame pembelanjaran ( evaluasi )

–          Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR.

v  Sumber belajar

–          Buku teks ( matematika IPA )

–          Kurikulum mata pelajaran ( matematika IPA ).

v  Alat Peraga

–          Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat

( uang,listrik,baju,alat tulis,maianan,dsb )

–          Lingkungan keluarga dan Sekolah.

IX.    PENILAIAN

v  Penilaian lisan ( dalam proses )

v  Penilaian tingkah laku ( pengamatan ).

v  Penilaian produk

v   Penilaian portofolio

v  Penilaian tertulis obyektif

v  Penilaian tertulis subyektif

v  Penilaian unjuk kerja ( dalam proses )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X.Krikteria Penilaian

1. Produk ( hasil diskusi )

 

 

 

 

 

 

2.Performansi

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10.

Mengetahui

Kepala sekolah                                                                          ……,……,2011

 

(………………)                                                                          (………………)                                                                                                                           

NIP :                                                                                           NIP :

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: