RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN

( RPP ) BERKARAKTER

MATA PELAJARAN        : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER       : II / I

ALOKASI WAKTU           : 2 minggu

  1. STANDAR KOMPETENSI

–          Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

  1. KOMPETENSI DASAR

–          Membandingkan bilangan 1 sampai 500

–          Mengurutkan bilangan sampai 500

  1. TUJUAN PEMBELANJARAN

Siswa dapat :

–          Menentukan bilangan 1 sampai 500

–          Menentukan bilangan lebih besar

–          Menentukan bilangan lebih kecil

KARAKTERISTIK Siswa yang di harapkan

–          Disiplin

–          Tekun

–          Tanggung jawab

–          Ketelitian

–          Kerja sama

–          Toleransi

–          Percaya diri

–          Keberanian

  1. MATERI AJAR ( materi pokok )

–          Bilangan 1 – 500

–          Mengurutkan bilangan

  1. METODE  PEMBELANJARAN

–          Ceramah

–          Diskusi

–          Tanya jawab

–          Demonstrasi

–          Pemberian tugas

  1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELANJARAN
    1. Kegiatan awal

APRESEPSI / Motivasi

  • Mengisi daftar kelas,berdoa mempersiapkan materi ajar,model alat peraga
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis,membaca.
  • Mengumpulkan tugas / PR.
  1. Kegiatan inti

Pertemuan Pertama : 3×35 menit ( Matematika )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi,guru:

–    Mengamati bilangan yang tulis di papan tulis bilangan 1 sampai 500

–   Siswa membaca dengan tepat.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

–          Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan antara bilangan lebih besr dan lebih kecil.

  • Konfirmasi:

Dalam kegiatan konfirmasi,guru:

–  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa.

– Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan,pemahaman,memberikan penguatan dan penyimpulan.

Pertemuan ke dua 3×35 menit

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi,guru:

–   Dengan penjelasan guru dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan ekspolorasi ,guru:

Dalam kegatan elaborasi,guru:

–  Siswa dapat mengelompokan bilangan yang termasuk bilangan genap.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi ,guru:

– Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa.

– Guru bertanya siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan,pemahaman,memberikan penguatan dan penyimpilan.

  1. Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir,guru:

– Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

–  Mengerjakan post tes.

– Pemberian PR / tugas

VII. AlAT DAN SUMBER BELAJAR.

  • Buku Sumber

–  Buku pelajaran matematika SD kelas 2, penerbit Buku relevan.

  • Alat peraga:

–  Kartu bilangan

VIII. PENILAIN

–  Tes lisan

–   Tes tertulis

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Idikator pencapaian

Kompetensi

Penilaian

Teknik Bentuk instrumen

Contoh

instrumen

1.    Matematika :

  • Menentukan bilngan 1 sampai dengan 500.
  • Menentukan bilagan lebih besar.
  • Menentukan bilangan lebih kecil.
  • Membandingkan dua buah bilangan dengan mengunakan symbol <,>=.
  • Membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah dari,kurang dari.
  • Menyusun bilngan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap.
  • Menyebut pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21.
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
                  Sampai 50

  • Tentukan bilngan lebih besar.
  • Tentukan bilangan lebih kecil.
  • Bandingkan dua buah bilangan dengan mengunakan symbol <,>=.
  • Bandingkan kumpulan benda dengan mengunakan istilah lebih dari,kurang dari.
  • Susunkanlah bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Susunkanlah bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Tuliskanlah bilangan dengan benar secara benar secara urut dari 1 – 500.
  • Sebutkan pengertian bilangan genap.
  • Sebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil
  • Kurutkanlah bilanga ganjil dari  1 – 21.
  • Kurutkanlah bilangan genap dari 2 – 20.

 

CATATAN

Nilai = ( jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10

Mengetahui                                                                Ternate,22-12-2011

Kepala Sekolah SD/MI                                                            Guru Kelas

(……………………..)                                                          ( …………………….)

NIP :………………..                                                          NIP :………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: